Manfaat Micin Untuk Kesehatan Tubuh dan Tanaman

Micin, identik dengan sebutan untuk anak-anak jaman sekarang atau dalam bahasa gaulnya biasa disebut dengan “Kids Jaman Now”. Generasi micin menggambarkan generasi zaman sekarang yang memiliki kelakuan diluar batas atau istilah kasarnya menggambarkan kebodohan. Istilah ini sudah terlanjur tersebar dan menjadi trending pada saat ini, namun sebenarnya kebodohan sama sekali tidak berkaitan dengan seringnya mengkonsums micin, karena dengan mengkonsumsi micin tidak akan membuat seseorang itu menjadi bodoh.

Manfaat Micin Untuk Kesehatan Tubuh dan Tanaman

Micin atau mono-sodium glutamat (MSG) adalah garam natrium asam glutamat yang ditemukan oleh seorang profesor kimia dari Universitas Tokyo pada 1908, yakni Kikunae Ikeda. Dia menganggap micin sebagai garam paling stabil yang mampu memberi rasa gurih pada makanan.

Ikeda memisahkannya dari rumput laut kering yang digunakan untuk membuat kaldu dashi dalam masakan Jepang, dan menambahkan natrium, salah satu dari dua unsur dalam garam. Untuk mengubahnya menjadi bubuk yang bisa ditambahkan ke makanan. Sejak saat itu, MSG menjadi salah satu bahan yang paling umum digunakan dalam memasak. <>

Micin selain digunakan untuk memasak juga sangat baik loh kesehatan tubuh dan tumbuhan. Tidak percaya?? Yuk simak informasi lengkapnya seperti dibawah ini.

1.Mencerna Makanan Lebih Cepat

Mencerna makanan dimulai saat makanan dikunyah. Kandungan Glutamat pada micin mampu merangsang produksi saliva sehingga makanan lebih cepat halus saat dikunyah. Kemudian proses ini berlanjut hingga ke lambung dan usus. Selain itu, berdasarkan studi, bagi mereka yang memiliki penyakit gastritis atrofik kronik, micin mampu membantu meningkatkan produksi cairan pada lambung. Gastritis atrofik terjadi saat antibodi menyerang lapisan lambung, sehingga lapisan lambung menjadi tipis dan kehilangan sebagian atau seluruh sel penghasil asam dan enzim.

2. Mengurangi Konsumsi Garam

Ketika memasak sebagian ibu rumah tangga menyiasati pengurangan micin dengan memadukan gula dan garam agar menciptakan rasa gurih pada masakan. Micin terdiri dari natrium (12 persen), glutamat (78 persen) dan Air (10 persen). Jumlah natrium atau garam dalam micin tak seberapa jika dibanding garam dapur yakni sebanyak 36-39 persen.

Mereka yang terlalu banyak mengkonsumsi natrium berisiko terkena penyakit kardiovaskular, hipertensi/darah tinggi dan stroke. Selain itu, mengurangi garam dan diganti dengan micin bisa membuat masakan lebih gurih.

3. Meningkatkan Selera Makan

Hasil penelitian Kenji Toyama dari Universitas Kanagawa, micin mampu meningkatkan asupan gizi karena nafsu makan bertambah. Selain menambah nafsu makan, mengkonsumsi micin pada lansia juga dapat meningkatkan kualitas hidup.

4. Mempercepat Pertumbuhan Makanan

Manfaat lain dari kandungan natrium yang terkandung pada micin adalah untuk mempercepat pertumbnuhan tanaman. Manfaat micin untuk tanaman membuat proses pertumbuhan tanaman akan menjadi lebih cepat, daun menjadi lebih cepat menghijau, dan batang serta tanaman yang menjadi lebih cepat besar.

5. Memenuhi Kebutuhan Nutrisi Tanaman

Tanaman juga sangat membutuhkan nutrisi yang lengkap untuk dapat hidup. Biasanya nutrisi untuk tanaman diperoleh dari pupuk yang sering kita gunakan. Namun demikian ada kalanya harga pupuk yang kurang bersahabat, sehingga anda cukup menyiramkan larutan micin. Siramkan air yang dicampur micin ke tanaman kesayangan agar bisa tumbuh subur dan asupan nutrisinya terpenuhi dengan baik.

6. Tanaman Tidak Mudah Mati

Dengan terpenuhinya nutrisi yang diperlukan oleh tanaman, maka sudah pasti tanaman akan tumbuh dengan subur. Apabila tanaman dapat tumbuh dengan subur dan baik, maka hal ini akan mengurangi resiko matinya tumbuhan.

7. Menyuburkan Makanan

Manfaat micin selanjutnya untuk tanaman adalah dapat menambah kesuburan pada tanaman. Kandungan yang terkandung pada micin dapat mempengaruhi tingkat kesuburan suatu tanaman tersebut. Dengan menyiram tanaman menggunakan larutan micin yang dicampur air secara teratur, maka tingkat kesuburan dari tanaman akan menjadi lebih baik lagi.

Itulah sedikit informasi mengenai manfaat micin yang perlu Anda ketahui. Namun untuk permasalahan yang terjadi pasti tetap sama. Micin sendiri pasti tetap menjadi bahan utama dan bahan pamungkas yang digunakan abang tukang bakso sebagai penglaris makanannya.

Baca Juga Artikel Berikut

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *